Gak_Iseng : Ikut Pelatihan Mie Sehati Jogjakarta 2

Sesi dua neh dari cerita pelatihan yang saya ikutin di weekend awal maret 2012 ini.

Jam 10.00 WIB acara pelatihan dimulai, walau beberapa peserta belum datang, yang telat malah yang berasal dari jogja hehehe kalah neh semangat nya dengan peserta dari luar kota Jogja, bu Yeni membagikan resep beserta cara pembuatannya, sebenarnya neh resep yang secara garis besar bisa di download di website http://miesehati.com ama pin mie sehati bonus neh,

  • Kesan pertama saya saat pelatihan ini yaitu : ini pelatihan yang diselenggarakan oleh pak eko and team yang ke tiga saya ikuti, dan baru kali ini saya mendengar bu yeni berbicara sebanyak ini hahaha ya iya lah secara beliau tutor nya.
  • Kesan kedua saya saat pelatihan ini yaitu : bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mie ayam sehati ini sangat bermutu dan semua bahan berlabel HALAL, yang tentu saja harga pembuatan mie sehati ini menjadi lumayan tinggi. Bu Yeni sepertinya sangat “ketat” dalam menekankan kualitas bahan-bahan mie sehati ini, beberapa peserta ada yang mengajukan pertanyaan yang menanyakan alternatif pilihan bahan yang mungkin lebih murah yang dapat di gunakan tapi bu Yeni bersikukuh dengan merk dan kualitas yang sudah di seleksi oleh beliau. Bukan hanya bahan saja yang menjadi fokus pembuatan mie ini tetapi juga cara penyajian mie ayam ini juga diperhatikan, ternyata hal ini juga penting ya? Hehehe mangkok pun gak sembarangan yang direkomendasikan
  • Kesan ketiga saya saat pelatihan ini yaitu : Ternyata pelatihan ini bukan hanya mengajarkan peserta untuk membuat mie ayam sehati tetapi peserta juga di bekali tips dan trick untuk membuka usaha mie ayam sehati ini, weedeeh bener neh harapan bu yeni and pak eko berarti besar neh kepada peserta tuk langsung mempraktekkan ilmu yang di dapat di pelatihan ini sebagi salah satu alternatif wirausaha.
  • Kesan keempat saya saat pelatihan ini yaitu : Banyak bonus nya hahhahaha….. selain pin, sertifikat, makan siang dgn menu mie ayam sehati buatan peserta pelatihan (hahaha bisa anda bayangkan jika ada peserta yg tidak memperhatikan kebersihan seperti cuci tangan waah….) plus es sehati yang seperti sop buah yang segar, dan juga souvenir.
  • Kesan kelima saya saat pelatihan ini yaitu : banyak peserta yang merisaukan harga jual mie ayam sehati ini yang memang menjadi lebih tinggi daripada mie ayam biasanya, secara bahan dasarnya juga jauh lebih berkualitas. Peserta khawatir dengan daya beli masyarakat sekitar mereka (sepertinya kebanyakan target untuk buka usaha di daerah pinggiran atau kota kecil), sedangkan saya lebih mengkhawatirkan restu dari orang tua saya hahhaha….

Sekedar tips dari saya jika ada yang tertarik mengikuti pelatihan ini :

  • Simpan dengan baik bukti transfer uang pendaftaran
  • Jangan sampe telat…. Rugi berat walat telat Cuma 10 menit
  • Bawa alat tulis karena banyak tips dan trick yang penting yang disampaikan secara lisan oleh sang chef
  • Jaga kebersihan dan juga ingatkan sesama peserta tuk selalu menjaga kebersihan dalam praktek pengolahan mie ayam… kecuali anda gak peduli dengan hal ini hehehe

Yang menarik dari pelatihan ini antara lain :

  • Ternyata tidak lah mudah menyebarkan semangat berbagi, dari penyataan dan pertanyaan salah satu peserta ada yang tetap merahasiakan resep mie sehati ini ke calon karyawannya (baru rencana aja sudah begini), padahal menurut saya jika mereka melihat di website http://miesehati.com resep ini bebas di download, bu Yeni juga bukan hanya memberi tahukan cara membuat mie sehati ini tetapi juga tips and trick yang beliau dapat dari pengalaman selama ini, ini sangat berharga menurut saya melebihi dari uang pendaftaran, tapi ya kan namanya orang punya pandangan berbeda, saya juga masih heran dengan semangat berbagi pak eko and teman-temannya yang bergabung di komunitas TDA.
  • Karyawan yang mendukung bu Yeni pun sangat mumpunin dalam memberikan arahan dan menjawab pertanyaan dari peserta, sinergi yang positif sekali menurut saya
  • Jawaban bu Yeni saat ditanya oleh salah satu peserta “Apakah ada yang pernah gagal dalam berjualan mie sehati ini”…. Jawaban nya : “oooh jelas ada… namanya usaha berani sukses ya berani gagal”… good qoute hehehe…
  • Yang terakhir yaitu pertanyaan bu Yeni kepada saya “kenapa waktu ada acara kumpul para blogger gak keliatan?”… respon saya langsung *nyengir hahaha saya jd termenung sepanjang perjalanan pulang, apa iya saya pede hadir atau menyebut diri saya bagian dari blogger? Lah isi blog nya hanya beberapa tulisan dalam kurun waktu 1 tahun lebih dan pengunjung nya juga hanya hitungan jari hahhahaha…. Geli campur ngenes…

Selamat merenung kembali

\^_^/

5 thoughts on “Gak_Iseng : Ikut Pelatihan Mie Sehati Jogjakarta 2

Leave a Reply

